5 Cara Agar Ruangan Sempit Terlihat Luas


Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung kebanyakan masyarakatnya memiliki rumah dengan ukuran mini. Hal tersebut bisa dimengerti karena harga lahan yang semakin hari semakin mahal dan hal ini memaksa mereka membuat hunian minimalis. Hal tersebut tentunya membuat penghuninya merasa tidak nyaman saat menempatinya Oleh karenanya perlu adanya tips atau trik agar rumah yang kita tempati terlihat luas.

1. Menggunakan cat tembok dengan warna yang terang.

Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, pemilihan cat merupakan hal yang amat penting. Usahakan menggunakan cat dengan warna yang terang jangan yang gelap karena akan membuat rumah Anda terlihat sempit dan sumpek. Beberapa contoh warna yang admin sarankan adalah biru muda, coklat muda, hijau muda atau bisa menggunakan warna pastel.

Jika Anda lebih suka menggunakan wallpaper, usahakan pilih juga warna yang terang dengan motif kecil jadi terkesan ruangan rumah Anda luas dan jangan gunakan motif besar karena  membuat ruangan rumah serasa sesak. Selain itu hindari penggunaan cat warna putih polos agar ruangan rumah Anda tidak terkesan kosong.

2. Pemilihan serta Penempatan perabot rumah



Pemilihan serta penempatan Furniture perlu diperhatikan dengan baik terlebih untuk rumah yang sempit. Penggunaan satu atau dua perabot besar lebih disarankan daripada banyak menggunakan perabot kecil karena rumah akan terkesan sempit dan tidak rapi. Karena perlu diingat semakin sedkit furnitur yang Anda gunakan maka ruangan rumah akan terkesan lebih luas.

3. Mengurangi banyaknya penggunaan dinding penyekat dan Membuat ruangan multifungsi

RUmah yang sempit kalau diberi banyak penyekat sudah pasti akan terlihat sempit untuk itu perlu adanya penggunaan ruangan multifungsi, semisal ruang dapur dan ruang makan dibuat menyambung, dan jika ingin mesihkan antar ruang Anda bisa memasang tirai lipat.

4. Penambahan Cermin Pada Sisi Ruangan



Tidak hanya bermanfaat untuk bercermin, jika ditempatkan yang sesuai, cermin bisa memberikan kesan ruangan rumah Anda luas. Namun jangan menempatkan beberapa cermin dalam satu ruangan karena bisa menyilaukan.

5. Penggunaan Jendela yang Cukup Besar

Untuk memperoleh cahaya serta pergantian udara yang optimal penggunaan jendela perlu diperhatikan dengan baik, karena jika cahaya yang masuk ke dalam rumah sedikit akan membuat ruangan terkesan gelap dan sempit.

Komentar